Perancangan Perangkat Lunak - Tugas Pertemuan 2 - Prinsip Desain Software

Nama : Timothy Hosia Budianto

NRP : 5025211098

Kelas : PPL - A

Tahun : 2024

Perangkat Lunak

Perancangan Perangkat Lunak adalah dokumen yang berisi rincian tentang cara merancang sebuah perangkat lunak. Dokumen ini mencakup informasi mengenai arsitektur perangkat lunak, struktur data, algoritma, antarmuka pengguna, dan berbagai aspek lainnya. Pada tugas kali ini, saya mengambil referensi dari halaman berikut :

Judul    : Perancangan Perangkat Lunak pada Aplikasi Pelayanan dan Pemesanan Laundry Online Berbasis                Android

Link     https://ejurnal.mipa.unsri.ac.id/index.php/jps/article/view/593 


Identifikasi Proses DPPL:

Desain Arsitektur:

Desain Arsitektur adalah langkah pertama dalam proses identifikasi DPPL. Tahap ini berfokus pada struktur keseluruhan sistem, termasuk elemen-elemen utama dan hubungan antar elemen tersebut. Berikut adalah Desain Arsitektur berdasarkan referensi yang saya gunakan:



Desain Antarmuka:

Desain antarmuka berkaitan dengan cara pengguna akan berinteraksi dengan sistem. Ini mencakup desain antarmuka pengguna (UI), navigasi, serta elemen grafis dan kontrol yang akan digunakan. Tujuannya adalah menciptakan antarmuka yang intuitif, mudah digunakan, dan memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut adalah desain antarmuka yang digunakan:



Desain Data:

Desain data berkaitan dengan struktur dan organisasi data dalam sistem. Ini mencakup identifikasi entitas, atribut, dan hubungan di antara mereka. Selain itu, desain data melibatkan pemilihan jenis basis data yang akan digunakan, skema basis data, serta strategi penyimpanan dan pengambilan data. Tujuannya adalah memastikan bahwa data tersedia secara efisien dan aman, serta dapat mendukung operasi sistem secara keseluruhan. Berikut adalah desain data berdasarkan referensi:



Terdapat tujuh tabel utama yaitu kecamatan, kelurahan, konsumen, jenis laundry, jenis pengantaran, jenis pakaian, dan faktur. Selain itu, ada satu tabel tambahan yaitu order. Sama seperti dalam ERD, tabel relasi menjelaskan hubungan antar entitas, tetapi direpresentasikan dalam bentuk tabel. Ada dua jenis relasi antar tabel, yaitu relasi satu ke banyak dan relasi banyak ke banyak. Relasi satu ke banyak terjadi pada tabel kecamatan ke kelurahan, kelurahan ke konsumen, konsumen ke faktur, jenis laundry ke faktur, dan jenis pengantaran ke faktur. Contohnya, satu konsumen memiliki banyak faktur, tetapi satu faktur hanya dimiliki oleh satu konsumen. Sedangkan, relasi banyak ke banyak terjadi pada tabel jenis pakaian ke faktur, karena satu jenis pakaian dapat memiliki banyak faktur dan satu faktur dapat memiliki banyak jenis pakaian. Artinya, kedua tabel dapat mengakses banyak data dari tabel lainnya. Dalam aturan relasi antar tabel, jika relasi banyak ke banyak, maka diperlukan satu tabel tambahan untuk menyimpan kunci utama dari masing-masing tabel. Dalam hal ini, tabel tambahan tersebut dinamakan tabel order. Dengan demikian, tabel order dapat menampung hasil transaksi berkali-kali.


Desain Algoritma:

Desain algoritma melibatkan pengembangan logika dan prosedur untuk memproses data dan menjalankan fungsi-fungsi sistem. Ini mencakup pemodelan algoritma, analisis kompleksitas, dan pemilihan struktur data yang tepat. Tujuannya adalah menciptakan algoritma yang efisien, andal, dan sesuai dengan kebutuhan fungsional sistem. Berikut adalah desain algoritma yang digunakan:













Comments

Popular posts from this blog

Pemrograman Perangkat Beregerak - ETS - - Timothy Hosia

Pemrograman Perangkat Beregerak - Tugas Pertemuan 4 - Timothy Hosia

ETS PPL A